Rabu, 18 Agustus 2010

Kebiasaan masyarakat kita

Kebiasaan masyarakat

Di dalam shalat :

• .kebiasaan meletakkan tangan setelah takbirotul ihrom.

Mengenai hal tersebut terdapat perbedaan ulama di dalamnya. Dalam kitab kifayatul akhyar juz I halaman :113.

“Dan disunnatkan meletakkan kedua tangannya di bawah dada,hal ini telah diriwayatkan oleh Ibnu khuzaimah di dalam sohinya dan pendapat orang/dikatakan orang :meletakkan keduanya di bawah pusat,kemudian berkata ibnu munzir :kedua-dua cara itu sama saja”
Sedangkan dalam mazhab imam syafi`i yang afdhol adalah meletakkanya di bawah dada, di atas pusat, agak condong ke sebelah kiri seperti memegang hati.
(i`anatuttholibin, juz I,hal :135)

Dlm hasyiyatul baijuri :

قوله ان يكونان تحت صدره وفوق ستره اى ما ئلا الى جهة يسا ره لان القلب فى جهة اليسار

Dan bisa kita lihat dalam kitab-kitab lainya karya ulama besar kita,yaitu :
• Hasyiyatul jamal ala` syarhil manhaj – H. 401
• Hasyiyatul barmawi ala` syarhil ghoyah – H. 71
• Nihayatuzzain H. 59
• Bujayrimi alal khatib juz II- H. 48

Menepuk pundak :
Sering kita temukan sat seseorang masbuq dan dia ingin berimam dengan temannya atau orang lain, dan dia pun menepuk pundak temannya tersebut.
Hal ini belum ditemukan dalam sejumlah kitab para ulama, karena walaupun menepuk pundaknya dgn pelan, tetap akan mengganggu /mengagetkan org yg sholat tersebut.




Haul

Dasar dalil haul :

عن الواقدى قال :كان النبى يزور شهداء احد فى كلى حول واذا بلغ رفع الصوته فيقول :سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبي الدار.ثم ابو بكر يفعل مثل ذالك ثم عمر ثم عثمان رواه البيهقى


Bolehkah bertawasul dgn para nabi atau orang sholeh yg telah wafat ?

Tawassul nabi Muhammad dengan haknya sendiri,dgn para nabi,dan hak orang-orang sholeh :
Dalam biografi Fatimah Binti Asad, ibunda Ali Bin Abi Tholib,bahwasanya ketika beliau meninggal(sebelum jasadnya dimasukkan ke liang lahat) rosul mendoakannya :ya allah yg menghidupkan dan mematikan.yang hidup dan mati.ampunilah ibu fatimah binti asad dan sampaikanlah hajinya, luaskanlah kuburanyya dengan hak nabimu,dan nabi-nabimu sebelum aku, sesungguhnya engkau maha pengasih.
Lantas beliau sholatkan dgn empat takbir.kemudian rosululah,al-abbas dan abu bakar memsukkanya ke liang lahat(H.R. Thabroni dlm kitab al-kabir dan al-ausath)
Dalam riwayatnya terdapat nama Rauh bin shalah, salah seorang perawi yg diakui tsiqohnya oleh Ibnu Hibban dan Hakim, walaupun ada yang melemahkannya, sedangkan para perawi yang lainnya shohih ( kitab majmu` al-zawaid, jilid 9, hal 257)

Sebagian ulama memang mempersoalkan tentang rauh bin shalah, namun ibnu hibban mencantumkannya seorang tsiqat, dinyatakan pula oleh Al-hakim: dia itu tsiqat dan terpercaya.


Maka kedua ahli hadist ini sepakat menshahikan hadist tersebut.begitu juga al-haistumi (kitab majmu` al-zawaid), hadist tersebut diriwayatkan pula oleh al-dailamy dan abu Nu`aim.
Dengan demikian, sebenarya berbagai jalur sanad tersebut satu sama lainya saling menguatkan dan memperkokohnya .

Qunut

Kebiasaan qunut dalam masyarakat dan lain sebagainya dapat dapat anda baca di kitab-kitab Imam Syafii atau Syafiiyahnya, yang pasti fatwa mereka dapat dipertanggung jawabkan di dunia dan akhirat, jadi sudahilah perselisihan yg negativ ini, karena ini semua adalah salah satu cara yg halus yg digunakan musuh-musuh islam (Yahudi dan Nasrani).

TAHLILAN/YASINAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar